Semua Orang Bisa Sukses, Apapun Latar Belakangnya

PUREGANIC PARFUM photo Facebook-20140901-094537_zps76e6ccad.jpg

Wednesday, March 27, 2013

Kekuatan Prasangka Baik

Temans,



"Prasangka Baik"

Adalah dua kata yang bagi sebagian besar orang sulit untuk dilaksanakan. Apalagi kalau kita dikelilingi dengan orang-orang yang selalu membicarakan keburukan orang lain dibanding kebaikan yang dimilikinya. Namun sulit bukan berarti tidak bisa kan?

Memulai hari dengan prasangka baik akan mendatangkan kebaikan sepanjang hari ini.

Benarkah?

Berprasangka baik berarti kita mengira, menduga, berpikir tentang segala sesuatu dari persepsi kebaikan, bukan sebaliknya persepsi keburukan, meski itu berupa kejadian yang memilukan kita.

Bagaimana sikap kita saat sedang berjalan di trotoar, terus datang sepeda motor menyerobot perjalananan kita dan kita terciprat genangan air yang dilintasinya?

Pertama, yang umum terjadi adalah umpatan spontan, marah dan mungkin memaki si pengendara sepeda motor. Dengan mengumpat, marah dan memaki pelaku, akankah kita menjadi lega hati? Baju tetap saja kotor dan orang itu sudah pergi entah kemana. Napas kita semakin kencang dan degub jantung kian cepat.

Kedua, menyadari bahwa kejadian itu pasti terjadi, hanya pengendara itu yang menjadi sebab/syariat kejadian itu terjadi sambil tarik nafas pelan dan merasakan aliran udara memenuhi rongga dada dan mengalir ke seluruh pembuluh darah kita. Dengan langkah ini, setidaknya kita satu langkah lebih baik di bandingkan langkah pertama.

So, mengapa kita selalu memperturutkan emosi sesaat?

No comments:

Post a Comment